Selasa, 07 Februari 2012

GARY DEAN ANDERSON PENCIPTA LOGO RECYCLE

Logo recycle atau daur ulang diciptakan oleh Gary Dean Anderson yang kemudian diakui dan berlaku secara internasional. Gary Dean Anderson (1947) merupakan seorang desainer grafis berpengaruh dan seorang arsitek. Logo recycle merupakan salah satu logo yang paling mudah dikenal diseluruh dunia.

Gary Anderson lahir di 1947 di Honolulu , Hawaii , dari keluarga dengan akar di pedesaan Jerman , Perancis dan Skandinavia , dan baru-baru di Nebraska dan AS pertanian Midwest.
Gary bersekolah di sekolah umum dan lulus dari sekolah tinggi di Las Vegas Valley . Pada tahun 1966, setelah menyelesaikan satu tahun di program rekayasa dan University of Southern California , Anderson berubah jurusan dan terdaftar di USC School of Arsitektur di Sekolah Tinggi Seni Arsitektur dan Fine, dimana ia belajar 1966-1970, mengandalkan beasiswa berbagai - terutama dari Yayasan Graham , yang Guild Arsitektur dari Southern California , dan American Institute of Architects - untuk membiayai kuliahnya. Beliau memperoleh gelar sarjana arsitektur, magna cum laude pada tahun 1970 dan gelar master desain perkotaan satu tahun kemudian pada tahun 1971.

Lambang daur ulang desain Gary Dean Anderson memenangi kompetisi desain logo yang diselenggarakan oleh Container Coorporation of America, sebuah perusahaan kertas kardus, pada tahun 1970, menyisihkan 500 kontestan lainnya. Kompetisi ini juga sebagai bagian dari peringatan Earth Day (Hari Bumi) pertama.

Penciptaan logo (simbol) daur ulang tidak terlepas dari kehidupan keseharian Gary Dean Anderson. Gary lahir dari keluarga biasa yang hidup saat krisis ekonomi melanda pada tahun 1950-an. Ibunya Gary terbiasa menggunakan koran, kertas bekas atau plastik belanjaan untuk digunakan kembali, ayahnya juga memperbaiki furniture lama tanpa membeli yang baru, serta hal-hal lainnya yang berkenaan dengan mendaur-ulang (recycle) baran-gbarang rumah tangga. Walaupun mereka melakukannya lebih karena motif ekonomi.

Gary sebagai pencipta simbol (logo) daur ulang terinspirasi oleh bentuk lajur Mobius (∞). Lajur Mobius adalah bentuk yang diciptakan oleh seorang ahli matematika dan astronom Jerman bernama Agustus Ferdinand Mobius. Bentuk Mobius tersebut juga digunakan sebagai simbol pada bidang matematika yang melambangkan infinity (ketidak-berhinggaan). Gary juga terinspirasi oleh karya grafis karya seniman Belanda M.C. Escher yang menggunakan pola lajur Mobius pada karya gambar ilusinya.




Referensi :

  • http://en.wikipedia.org/wiki/User:Vortexrealm/Gary_D._Anderson
  • www.dyer-consequences.com/recycling_symbol.html
  • www.mcmua.com/solidwaste/creatingtherecyclingsymbol.htm
  • http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12728212

Tidak ada komentar:

Posting Komentar